Uncategorized

Sejarah CCTV Part I

Apa itu CCTV ?

Sejarah CCTV Part I – Closed-circuit television atau yang biasa kita sebut CCTV, merupakan alat perekam video digital yang biasa dipakai untuk mengawasi objek tertentu, kamera tersebut mampu mengirimkan sinyal ke dekoder atau langsung kedalam cloud, dan kemudian di konversi menjadi tampilan video.

Sejarah CCTV

Leon Theremin

Sistem CCTV pertama kali dikembangkan oleh fisikawan rusia bernama Leon Theremin pada bulan juni 1927, Atas permintaan Soviet Of Labour and Defense.

Sistem ini terdiri dari kamera pemancar – pemindai yang dioperasikan secara manual serta pemancar dan penerima gelombang pendek nirkabel, dengan resolusi seratus baris.


Setelah dikomandoi oleh Kliment Voroshilov, sistem CCTV theremin didemonstrasikan kepada Joseph Stalin, Semyoun Budyonny, dan Sergo Ordzhonikidze, dan kemudian dipasang di halaman Kremlin Moskow untuk memantau pengunjung yang mendekat sebagai sarana pengawasan negara

Sistem CCTV Pertama Pada Era NAZI

Sejarah CCTV Part I – Sistem CCTV awal lainnya dipasang oleh Siemens AG ( Perusahaan konglomerat multinasional ) di Test Stand VII di Peenemünde, Nazi Jerman pada tahun 1942, untuk mengamati peluncuran roket V – 2.

Perkembangan Teknologi CCTV

Asal Mula Kamera CCTV Part I – Sistem pengawasan video paling awal melibatkan pemantauan terus menerus karena tidak ada cara untuk merekam dan menyimpan informasi. Kemudian barulah dikembangkan media reel-to-reel memungkinkan perekaman pada CCTV tersebut. Sistem ini merupakan pita magnetik yang dapat diubah secara manual, proses tersebut terlalu memakan waktu, mahal dan tidak dapat diandalkan, dengan operator yang harus secara manual memasang pita dari gulungan pita melalui perekam ke rel pengambil yang kosong. Karena kekurangan ini, pengawasan video tidak tersebar luas. Kemudian pada Tahun 1970-an dikembangkan teknologi VCR ( Video Cassette Recorder ), membuatnya lebih mudah untuk merekam dan menghapus informasi.

Selama tahun 1990-an, multiplexing digital dikembangkan, memungkinkan beberapa kamera merekam sekaligus, serta time lapse dan perekaman hanya gerak, lebih hemat waktu dan uang yang kemudian menyebabkan peningkatan penggunaan CCTV.

Baru – baru ini teknologi CCTV telah ditingkatkan dengan pergeseran produk dan sistem berbasis internet, dan perkembangan teknologi lainnya.

Follow & Like 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *